Perbedaan Investasi dan Trading

Tentu saja Anda telah mengenal berbagai bentuk dan jenis investasi. Misalnya investasi properti berupa rumah, apartemen, tanah, dan ruko, investasi emas, saham, obligasi, deposito, valuta asing, dan jenis investasi lainnya. Gencarnya berbagai model investasi dan berbagai macam perusahaan yang hadir membuat orang mulai beralih dari tabungan ke investasi. Akan tetapi, jika ditanyakan mengenai investasi dan trading, pasti Anda belum mengenal lebih jelas apa yang dimaksudkan diantara keduanya.

Apakah perbedaan antara keduanya?
Memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mencari keuntungan. Namun perbedaannya hanya terletak pada “siapa” yang mengelola dana tersebut secara aktif untuk mendatangkan keuntungan.

Karakteristik Investasi
Investasi adalah kegiatan untuk menanamkan modal. Dengan demikian, segala bentuk aktivitas ekonomi yang memerlukan modal dinamakan investasi. Investasi sifatnya pasif, karena Anda sebagai investor tidak perlu menjalankan investasi tersebut secara langsung untuk mendapatkan keuntungan karena sudah ada orang lain yang mengelolanya. Anda hanya akan menerima keuntungan yang diberikan, namun tidak menutup kemungkinan jika suatu saat terjadi kerugian.

Kelebihan Investasi
Saat menabung di bank, maka sudah dapat dikatakan bahwa Anda melakukan investasi. Uang tabungan itu nantinya akan digunakan oleh pihak bank untuk menjalankan kegiatan bisnis. Di sini kelebihan Anda sebagai investor adalah akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga tanpa harus ikut menjalankan kegiatan bisnis. Investasi adalah pilihan yang tepat jika memiliki kegiatan utama lain yang tidak bisa ditinggalkan

Kekurangan Investasi
Selain kelebihan, investasi juga memiliki kelemahan, diantaranya Anda tidak bisa ikut dalam mengendalikan dan menentukan tingkat profit yang akan didapatkan dalam suatu periode tertentu. bisa saja Anda memperoleh keuntungan yang tingkatannya signifikan atau keadaan terburuknya adalah mendapatkan kerugian. Semua ini bergantung pada cara pengelolaannya dan profitabilitas dari perusahaan tersebut.

Jenis Investasi Terbaik
Banyaknya jenis investasi terkadang memang membuat kita bingung. Ini dia lima jenis investasi yang paling menguntungkan bagi Anda.

Investasi Properti
Investasi ini sangat cocok jika Anda tidak ingin berspekulasi dengan dana investasi. Kelebihan investasi jenis ini adalah harganya yang cenderung mengalami kenaikan. Namun kelemahannya adalah modal yang dibutuhkan untuk bisa berinvestasi pada jenis properti cukup besar.

Investasi Emas
Mengapa emas banyak diburu oleh para investor? Karena tingkat likuiditasnya yang tinggi. Emas gampang dijual, bisa digadaikan, dan harga jualnya cenderung naik. Cara investasinya cukup gampang, Anda hanya perlu untuk membeli sejumlah emas kemudian akan menjualnya kembali saat harganya naik. uang yang diterima dari penjualan emas juga mudah dicairkan.

Investasi Reksadana
Reksadana adalah jenis investasi yang cocok bagi seorang pemula. Ada epat jenis reksadana diantaranya reksadana penghasilan tetap, reksadana obligasi, reksadana campuran, dan reksadana saham. Dari keempat jenis reksadana tersebut, yang paling menguntungkan adalah reksadana saham namun risiko yang ditanggung juga cukup tinggi

Investasi Tabungan, Deposito dan Obligasi
Deposito dan tabungana dalah yang paling aman, namun return atau nilai timbal baliknya relatif kecil. Untuk investasi obligasi sebenarnya hampir sama dengan tabungan, hanya saja dananya diklola oleh perusahaan. Secara sederhana, obligasi adalah surat utang jangka panjang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah.

Investasi Saham
Jika sudah familiar dan sudah mengetahui seluk beluk pasar modal, maka Anda bisa memiliki investasi saham. Dengan membeli saham di perusahaan,maka secara tidak langsung Anda sudah ikut ambil bagian dalam kepemilikan perusahaan tersebut.

Karakterikstik Trading
Trading memiliki sifat yang lebih aktif ketimbang investasi, karena sebagai investor Anda berhak untuk menentukan target profit yang akan didapatkan pada periode tertentu. Untung dan rugi yang nantinya diperoleh bergantung pada cara Anda mengelola dana yang ditanamkan. Anda akan memperoleh keuntungan besar jika mengelola dana tersebut dengan baik. Sebaliknya, Anda hanya akan mendapatkan kerugian yang besar jika mengelolanya secara asal-asalan. Jika anda ingin trading emas online, sebaiknya menggunakan robot trading emas Autotrade Gold, karena membantu trader untuk trading di pair XAU/USD Gold.

Kapan Harus Menjadi Investor dan Trader?
Dalam mengelola dana investasi, Anda perlu memahami apakah akan mengambil investasi jangka pendek dengan keuntungan dan risiko kecil atau akan mengambil investasi jangka panjang yang tentunya memiliki keuntungan dan risiko yang besar pula.

Dalam hal ini Anda harus bisa memutuskan apakah akan menjadi investor atau trader. Tujuannya adalah agar bisa mengambil keuntungan yang maksimal dalam transaksi, seperti saat jual beli saham.